Dwipw's Blog

krisis ekonomi global

Posted on: April 9, 2010

Jabar Mulai Rasakan Dampak Krisis Ekonomi Global

Bandung, Kominfo Newsroom -– Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada triwulan I tahun 2009 ini akan memperkuat peran industri kecil menengah (IKM) guna menghadapi krisis ekonomi global, yang diprediksi dampaknya akan mulai terasa pada triwulan pertama tersebut.
”Ber dasarkan laporan yang masuk, krisis ekonomi global saat ini belum berdampak pada bangkrutnya usaha IKM,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Jawa Barat Agus Gustiar dalam keterangannya di Bandung, Jumat (9/1).
Dampak yang ditimbulkan krisis ekonomi global terhadap IKM, berupa menurunnya permintaan produk IKM akibat menurunnya daya beli masyarakat, sedangkan dampak lainnya adalah bergesernya permintaan dari jenis manufaktur ke IKM. Pergeseran permintaan tersebut mencapai 5% sampai 10%.
Untuk itu, Pemprov. Jabar di triwulan I tahun 2009 ini akan memperkuat peran IKM berkaitan dengan kondisi tersebut sekaligus dalam rangka penyelamatan kegiatan industri dari dampak krisis ekonomi global, demikian Agus Gustiar.
Pemprov. Jabar di Triwulan I tahun 2009 akan memperkuat IKM yang kini sudah berkembang dengan tujuan IKM tersebut dapat tetap bertahan. Sementara itu, bagi IKM yang belum berkembang akan diberikan fasilitasi.
Fasilitasi untuk IKM, diantaranya akan diberikan melalui pendekatan cluster. Berbagai jenis fasilitasi yang akan diberikan antara lain : bantuan teknis, bantuan proses, desain, standar mutu, pelatihan serta intermediasi. Di sisi lain, dalam rangka mendorong IKM, juga dipersiapkan sarana yang mendukung kelancaran distribusi barang.
Khusus fasilitasi yang diberikan melalui bentuk bantuan stimulan, akan diberikan melalui pendekatan berbasis komoditas dan berbasis kebutuhan lokal. Stimulan tersebut, salah satu diantaranya akan diberikan kepada pengrajin Genteng.
Bantuan bagi pengrajin Genteng, urgen diberikan karena oleh konsumen, kerajinan genteng dinilai kurang menarik dari aspek arsitektur. Adanya kenyataan tersebut, bantuan yang diberikan oleh Pemprov. Jabar melalui dana yang bersumber dari APBD Provinsi Jabar tahun 2009 akan diberikan melalui pemberian bantuan tungku kecil.
Bantuan stimulant, ujar Gustiar, dijadwalkan akan diberikan di triwulan I dan untuk bantuan berupa intermediasi perbankan dijadwalkan akan dilaksanakan di triwulan II.
Sumber: endonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d bloggers like this: